Membangun kreatifitas dan inovasi desa, menjadi salah satu cara mempercepat pembangunan perekonomian desa. Pelaksanaannya, harus dibangun dan dikelola bersama, dengan membentuk Usaha Berbasis Komunitas (UBK). Tujuannya, dapat menghasilkan produk kebutuhan sehari-hari (consumer goods) yang dapat dirasakan bersama.

UBK Merak didirikan dan di sahkan pada Selasa, 1 Maret 2016 di desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, pendirian UBK Merak sendiri berawal dari rangkaian diskusi panjang dan lama yang melihat kondisi sosial ekonomi masyarakat semakin sulit, analisa mendalam dari hasil diskusi menemukan bahwa tingkat konsumtif masyarakat yang tinggi menjadi salah satu faktor yang harus diurai.

UBK Merak ini lebih berkonsentrasi pada produk yang menjadi kebutuhan sehari-hari atau yang masuk dalam kriteria seperti: makanan olahan, minuman kemasan, sabun, deterjen, dll. Mengingat tingkat konsumsi masyarakat terhadap produk-produk seperti itu sangat tinggi, maka dari itudiharapkan permintaan akan selalu ada dan berkelanjutan